PROPOSAL KULIAH KERJA NYATA UNIVERSITAS SYIAH KUALA

PROPOSALKULIAH KERJA NYATA
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
( Periode XI Tahun 2016 )

                                             GAMPONG                             :  Asan tanjong
                                             KECAMATAN                        :  Nurussalam
                                             KABUPATEN                                     :  Aceh Timur

Disusun Oleh :
Nama Mahasiswa                        Nim                            Fakultas/Jurusan
Fadhil Fitra Kamil                    1306103030071            Pendidikan Fisika
Widya Citra                              1304108010050            Teknik Pertambangan
Salmawati                                 1301103010040            Akuntansi   
Yazie Rahmadi JZ                    1310102010056            Ilmu Komunikasi
Leni Marlina                             1306102030044            Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Eva Nuningsih                          1306104040073            Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Saidin Isnaini Anak Ampun     1311101010013            Ilmu Kelautan




KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
BADAN PELAKSANA KULIAH KERJA NYATA
DARUSSALAM BANDA ACEH
2016





BAB I
PENDAHULUAN
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kegiatan yang memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat di luar kampus. Sekaligus sebagai proses pembelajaran serta mengabdi kepada masyarakat yang sedang membangun dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah pembangunan yang sedang dihadapi. Dengan KKN diharapkan para mahasiswa Universitas Syiah Kuala dapat membantu masyarakat dalam menghadapi kesulitan-kesulitan yang dihadapi sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. Melalui KKN ini pula mahasiswa Universitas Syiah Kuala dapat membantu merealisasikan program-program pemerintah dalam rangka melaksanakan pemerataan pembangunan dipedesaan.
KKN merupakan suatu kegiatan yang penting baik bagi mahasiswa maupun bagi masyarakat. Bagi mahasiswa, KKN merupakan aktivitas belajar yang dilakukan lintas keilmuan dalam menggali, menghayati dan mencari solusi masalah-masalah pembangunan masyarakat di pedesaan. Di samping itu, adanya kegiatan ini dapat memenuhi “Tri Darma Perguruan Tinggi” meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian. Dalam hal ini KKN memegang peranan penting dalam tugas pegabdian mahasiswa pada masyarakat. Bagi masyarakat desa, KKN diharapkan dapat memberikan semangat baru untuk menggerakkan pembangunan desa.
Tujuan umum dari KKN adalah meningkatkan dan mengembangkan berbagai macam potensi yang terdapat di lokasi tempat pengabdian. Menanamkan kepada mahasiswa tentang nilai kepribadian seperti nasionalisme dan jiwa Pancasila, keuletan, etos kerja, tanggung  jawab, kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan. Oleh sebab itu penyusun ingin melakukan KKN yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus  2015 sampai 2 September 2015 bertempat di Gampong Paloh Jeurat kecamatan Padang Tiji kabupaten Pidie.



A.    Gambaran Umum Lokasi  KKN
Asal mula gampong Asan Tanjong adalah dari pemukiman warga cina keturunan  yang membuka areal untuk peternakan babi pada masa kolonial belanda sehingga diberi nama Asan Cina pada masa itu. Asan, asal makna dari pokok asan yang ditanami untuk berteduh setelah melakukan pekerjaan warga cina tersebut pada waktu itu. setelah penjajahan belanda berakhir seluruh warga keturunan cina eksodus kewilayah sumatra utara sehingga pemukiman tersebut kosong. Selang beberapa waktu kemudian datanglah sekelompok warga asal Cunda, Aceh Utara kepemukiman Asan Cina dan diubah nama tersebut menjadi Asan Cunda. Masyarakat Asan Cunda pada awalnya bermukim di areal tepi sungai atau muara sungai dan terus berkembang menjadi sebuah gampong sehingga pada tahun enam puluhan diubah namanya menjadi Asan Tanjong karena asal mula gampong tersebut dari pemukiman warga cunda yang masuk kedaerah ini dan membuka pemukiman ditanjong sungai.
Kondisi Geografis Gampong
a.       Keadaaan fisik/Geografis Gampong
Data yang kami peroleh setelah melakukan survei ke Gampong Asan Tanjong , Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur  pada tanggal 19 juli 2016 adalah sebagai berikut.
Gampong Asan Tanjong memiliki luas wilayah 350 Ha yang meliputi area pemukiman penduduk, tambak ikan, dan tanah sawah. Adapun batas Gampong Asan Tanjong adalah:
·      Sebelah Utara berbatasan dengan Gampong Kuala Bagok
·      Sebelah Timur berbatasan dengan Gampong Gp. Keude Bagok
·      Sebelah Selatan berbatasan dengan Gampong Keude Bagok
·      Sebelah Barat berbatasan dengan Gampong Baroh Bugeng

Kondisi Pemerintah Gampong
Saat ini, Gampong Asan Tanjong  dipimpin oleh Geuchik Gampong dan dibantu oleh Sekretaris Gampong, Bendahara Gampong, Tuha Peut, Kepala Urusan, baik Pemerintahan, Umum, dan Pembangunan. 
Sumber Daya Alam
Gampong Asan Tanjong mempunyai sumber daya alam tersedianya lahan pertanian, dan lahan perikanan, perkebunan kelapa,dan tempat memelihara ternak yang ada yang terletak disemua dusun di gampong Asan Tanjong.
Sumber Daya Manusia
Berdasarkan data, jumlah penduduk Gampong Asan Tanjong dengan jumlah ±81 Kepala Keluarga (KK). Mayoritas warga di Gampong Asan Tanjong berprofesi sebagai petani sawah dan tambak. Dari segi usia, masyarakat di Asan Tanjong  terdiri dari usia yang produktif 168 jiwa dan usia nonprokduktif  94 jiwa.
B.     Maksud dan Tujuan Proposal
Maksud dari KKN adalah sebagai bentuk perwujudan dari yang memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan baik mahasiswa, pemerintah, masyarakat maupun perguruan tinggi. KKN memilki maksud pengabdian kepada masyarakat serta realisasi disiplin ilmu terhadap masyarakat, dapat dijabarkan antara lain :
1.    Bagi Mahasiswa
a.      Meningkatkan pengertian dan penghayatan mahasiswa tentang :
1)      Cara berfikir dan bekerja secara interdisipliner,
2)      Kegunaan hasil pendidikannya bagi pembangunan,
3)      Kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat Gampong dalam pembangunan,
4)      Konteks keseluruhan dari permasalahan pembangunan.
b.      Memunculkan sikap empati, kecintaan dan tanggung jawab terhadap kemajuan masyarakat.
c.       Melatih mahasiswa untuk menelaah dan memecahkan masalah di dalam masyarakat secara ilmiah.
d.      Memberikan keterampilan dan pengalaman kepada mahasiswa untuk merencanakan dan melaksanakan program pembangunan.

2.    Bagi Pemerintah
a.    Membantu melancarkan program-program yang telah dicanangkan pemerintah.
b.    Membantu pemerintah Gampong setempat untuk membenahi administrasi Gampong.
c.    Membantu pemerintah Gampong dalam melakukan pendataan penduduk.
d.   Pemerintah dapat menjalin hubungan dengan lembaga perguruan tinggi sebagai mitra kerja sejajar.
e.    Membantu pemerintah Gampong untuk membina masyarakatnya.
3.    Bagi Masyarakat
a.       Mendapatkan bantuan tenaga dan pikiran dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.
b.      Meningkatkan cara berfikir, bersikap, dan bertindak secara lebih ilmiah.
c.       Mendapatkan ide-ide pembaharuan yang diperlukan dalam menggerakkan pembangunan.
d.      Terbinanya kader-kader pembangunan dalam masyarakat, sehingga menjamin kesinambungan pembangunan.

4.    Bagi Perguruan Tinggi
a.       Mendapatkan umpan balik dan informasi baru bagi peningkatan proses pendidikan sehingga disesuaikan dengan bantuan pembangunanan
b.    Melalui kegiatan ini secara tidak langsung Universitas Syiah Kuala mempertegas kehadirannya ditengah-tengah masyarakat.
c.    Mempererat dan meningkatkan kerjasama Universitas Syiah Kuala dengan instansi-instansi lainnya dalam pelaksanaan pembangunan

Adapun tujuan kegiatan KKN Universitas Syiah Kuala, yaitu :
a.       Mendorong berkembangnya learning community sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program studi strata satu di Universitas Syiah Kuala.
b.      Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat.
c.       Memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa tentang pembangunan masyarakat dan pengalaman kerja nyata pembangunan.
d.      Menanamkan kepada mahasiswa nilai kepribadian: 
1)      Nasionalisme dan jiwa Pancasila,
2)      Keuletan, etos kerja dan tanggung jawab,
3)      Kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan. 
e.       Menambah wawasan masyarakat setempat mengenai informasi dan teknologi baru atau teknologi tepat guna yang dibawa oleh mahasiswa.
f.       Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memperhatikan, menjaga, dan memelihara lingkungan hidup khususnya lingkungan sekitar.





















BAB II
BEBERAPA BIDANG PERMASALAHAN GAMPONG
A.    Pendidikan, Agama, Ekonomi dan Sosial Budaya
Gampong Asan Tanjong memiliki beberapa potensi gmpong yang pengelolaannya dilakukan secara pribadi ataupun komunal (gampong). Potensi-potensi tersebut mencakup sumber daya alam, ekonomi, manusia buatan dan sosisal. Tingkat permsalahan gampong yang didasarkan atas kondisi eksisting serta dampak positif yang ditimbulkan akibat pembagunan mencakup sektor infrastruktur, pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, sosial budaya.
1.        Pendidikan  
Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam mendukung dan memajukan tingkat kesejahteraan pada umumnya dan tingkat ekonomi pada khususnya. Dengan tingkat pendidikan yang tinggi maka akan meningkatkan tingkat kecakapan. Tingkat kecakapan juga akan mendorong tumbuhnya keterampilan kewirausahaan dan pada akhirnya akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena munculnya beberapa lapangan kerja baru.
Masyarakat di gampong Asan Tanjong umumnya ada yang tidak sekolah sama sekali, tamatan SD, SMP, SMA dan beberapa warga ada yang melanjutkan sekolahnya sampai jenjang S1. Akan tetapi pada umumnya para orang tua hanya menyekolahkan anak-anak mereka hanya sampai tingkat SMP dan beberapa lagi menyekolahkan anaknya sampai tingkat SMA. Banyak pemuda- pemudi yang tidak melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya: keadaan ekonomi masyarakat yang kurang memadai, kurangnya motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang   lebih   tinggi   dan   minimnya   kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan akademik maupun non akademik.
2.    Agama
Kehidupan warga Asan tanjong selama ini sangat memerlukan pendidikan agama bagi anak-anak mereka ini terlihat banyaknya ususlan masyarakat untuk pengadaan ustadz dan pembangunan TPA untuk meningkatkan pengetahuan membaca al-quran yang benar.
3.    Ekonomi
Sumber daya ekonomi masyarakat gampng Asan Tanjong berasal dari sektor perikanan, perkebunan dan peternakan lembu, kambing dan unggas. Sebagian berasal warga Asan Tanjong adalah petani, hanya beberapa orang saja yang berprofesi sebagai pedagang, swasta, tukang, PNS dan lainnya. Permasalahan dibidang perekonomian yaitu banyak masyarakat bermata pencaharian tidak tetap, kurangnya dukungan modal dan perlengkapan dibidang pertanian, perikanan, kurangnya warga yang memiliki keahlian atau keterampilan perbidang.
Gampong Asan Tanjong sebagian besarmata  pencahariannya adalah petani sawah dan tambak. Bearti langkah yang harus dikembangkan untuk masa-masa mendatang ialah menciptakan lapangan kerja dengan memanfaatkan SDM dan SDA yang ada di wilayah gampong Asan Tanjong, seperti lahan pertanian, perkebunan dan membina keterampilan tekhnik pengelolaan industri kecil perikanan. Kerawanan kemiskinan warga gampong dapat dilihat dari beberapa hal, antara lain adanya rumah tangga sangat miskin, rumah tangga miskin dan hanya beberapa rumah tangga kaya. Dalam hal ini ada beberapa kriteria rumah tangga yang telah disebutkan diatas antara lain:
Rumah tangga sangat miskin
·         Pendapatan <10.000 perhari
·         Masih menumpang ditanah/rumah milik orang lain
·         Rumah gubuk/tidak layak huni
·         Rumah alas tanah dan dinding papan
·         Rumah atap rumbia dan dinding papan
Rumah tangga miskin
·           Pendapatan <20.000
·           KK gantung
·           Rumah semi permanen atap rumbia
·           Tidak punya kendaraan bermotor
·           Menggarap tanah orang lain
·           Tidak punya keahlian atau skill
·           Buruh tani (pekerjaan musiman)
Rumah tangga kaya
·           Pendapatan tetap
·           Punya kendaraan dan usaha
·           Rumah beton berlantai keramik
·           Bisa menyekolahkan anaknya sampai pendidikan tinggi
4.    Sosial budaya
Kegiatan-kegiatan sosial masih berjalan baik digampong Asan Tanjong, seperti kegiatan gotong royong, wirid yasin dan lainnya.



C.    Sarana dan prasarana
Wilayah Gampong Asan Tanjong  memiliki sarana dan prasarana yang kurang memadai sebagai penunjang kehidupan masyarakat Gampong tersebut. Hal-hal yang menjadi sarana di Gampong ini seperti meunasah yang dijadikan sebagai sarana peribadahan sekaligus berfungsi sebagai pusat kegiatan dan musyawarah. Sarana yang kurang memadai untuk mendukung kehidupan warga adalah tidak adanya kantor atau bangunan yang dapat di jadikan pusat kegiatan pemerintahan Gampong. Selain itu, tidak adanya sekolah baik sekolah dasar, sekolah menengah pertama maupun sekolah menengah atas mengakibatkan para pelajar dari Gampong Asan Tanjong  harus bersekolah di desa lain.
            Masalah yang dihadapi dalam bidang infrastruktur antara lain saluran yang belum selesai dan ada jalan yang rusak, jalan juga masih banyak yang becek pada saat musim hujan karena belum dilakukan pengaspalan jalan, selain itu tidak adanya irigasi yang baik sebagai saluran perairan sawah yang menjadi masalah krusial bagi warga.
D.    Produksi
Produksi utama dari Gampong Asan Tanjong adalah produk di bidang pertanian dan perikanan. Hasil pertanian berupa hasil sawah dan kelapa sedangkan hasil perikanan berasal dari pemeliharaan ikan dan udang dari tambak.
E.     Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan
Masalah kesehatan yang sangat di rasakan oleh masyarakat warga Asan Tanjong adalah kurang tersedianya fasilitas medis di Gampong Asan Tanjong, sehingga perlu adanya pembangunan sarana dan prasarana kesehatan di gampong asan tanjong.



           
STRUKTUR KEPENGURUSAN
GAMPONG ASAN TANJONG KECAMATAN NURUSSALAM
KABUPATEN ACEH TIMUR

Tuha Peut
Zainal Abidin
Geuchik
M.Isa Yacob
 


DUSUN
Muara

Samsul Bahri

Sekretaris Gampong
Razali
KAUR
Pemerintahan

Muhammad
KAUR
Pembangunan

Boydawl
KAUR
Kesra

Ismail
Petugas Teknis
Lapangan
DUSUN
Setia

Hasballah

                                 

Comments

Popular posts from this blog

kamus bahasa pakpak versi saidin .... mohon koreksi

lirik lagu pakpak "Berngin En"

Lirik lagu sedih.. Ise ndia sisalah dan Air mata perkawinan