Tugas Aplikasi Kompeter


ALAT INPUT PADA KOMPUTER
DI SUSUN OLEH :

NAMA                     : SAIDIN ISNAINI ANAKAMPUN
NIM                         : 1311101010013
JURUSAN               : ILMU KELAUTAN


JURUSAN ILMU KELAUTAN
FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA

TAHUN 2014



























PERANGKAT INPUT KOMPUTER
Berikut 20 macam perangkat input komputer beserta gambar dan fungsi nya.
No
Nama perangkat
fungsi
Gambar


1

Barcode Scanner



Alat yang digunakan untuk membaca kode-kode berbentuk garis-garis vertikal (disebut dengan BARCODE) yang terdapat pada kebanyakan produk-produk.
2


Camera Digital






alat untuk membuat gambar dari sebuah objek yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.
3
Finger Print Reader
digunakan untuk membaca pola biometrik sidik jari pada manusia.
Pada umumnya digunakan sebagai alat absen dan pengkodean
4
Graphics pads
alat masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pad digunakan dalam teknologi computer aided design (CAD) untuk membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, pesawat, dan lain-lain.
5
Joystick
alat masukan yang dibuat dan di design untuk digunakan dalam permainan atau games komputer. Umumnya digunakan untuk permainan atau games komputer.



6
Keyboard

unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.


7
Microphone
Input device ini berfungsi untuk memasukkan data berupa suara yang akan disimpan di dalam memori komputer. Penggunaan mikrofon harus didukung oleh hardware lain seperti soundcard dan speaker.
8
Light pen
alat masukan yang berfungsi sebagai pointer elektronik, digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar, langsung diatas screen (monitor). Para pembuat Anime  biasanya menggunakan input ini
9
mouse
digunakan untuk memasukkan data dengan cara menekan tombol klik. Pada mouse secara umun terdiri dari dua tombol eksekusi dan satu scroll
10
Optical Mark Recognition ( OMR )
peranti yang dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh komputer.Peranti ini membaca masukan dengan batuan refleksi optis, dengan mengenali ketebalan tulisan.
11
Peranti sensor
peranti yang dapat mengambil data langsung dari lingkungan.Contoh pemanfaatanya yaitu pada pendeteksi gunung berapi, detector kecepatan laju kendaraan di jalan raya, pada pesawat untuk mendeteksi perubahan angin ynag mendadak.
12
Layar Sentuh (Touch Screen)
memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat tanpa mouse atau keyboard dan sering digunakan dengan smartphone
touch-screen.jpg
13
Yoke
perangkat input hardware yang umum digunakan dengan permainan komputer, seperti penerbangan game simulasi, yang memungkinkan pemain untuk terbang ke atas atau bawah, atau kembali atau keluar dengan menarik atau mendorong perangkat.
yoke.jpg
14
Handy Cam
Fungsi: Berfungsi untuk menangkap gambar bergerak, seperti layaknya orang sedang membuat film. Kualitas gambar yang dihasilkan banyak dipengaruhi oleh kualitas lensa, resolusi yang dipilih dan ruang simpan. Dan juga merekam gambar yang ditampilkan ke layar monitor untuk dapat diproses
index2.jpeg
15
Web cam
Digunakan untuk konferensi video jarak  jauh atau sebagai kamera pemantau
index.jpg
16
Pemindai kartu magnetic(Magnetic Stripe Reader)
perangkat yang berfungsi mengambil informasi yang tersimpan dari kartu magnetik baik dengan memegang kartu di sebelah perangkat atau menggesek kartu hingga slot dalam perangkat.
mcr.jpg
17
CdD ROM /DVD
Media untuk memindahkan file,dokumen,foto,video yang ada dalam disk
18
Card Reader
Alat penghubung komputer dengan memory, usb dll, dengan menghubungkan nya pada komputer


19
Helm dan Sarung tangan VR(Virtual Reality)
VR adalah lingkungan buatan yang dihasilkan komputer yang memungkinkan pengguna untuk melihat, mengeksplorasi, dan memanipulasi lingkungan

vr.jpg
20
Biometric (alat pemindai scan tubuh)
adalah identifikasi seseorang dengan pengukuran fitur biologis mereka. Sebagai contoh, pengguna mengidentifikasi diri ke komputer atau bangunan dengan sidik jari atau suara dianggap sebagai identifikasi biometrik. Bila dibandingkan dengan sandi , jenis sistem jauh lebih sulit untuk palsu karena unik untuk orang tersebut
fpscan.jpg



Comments

Popular posts from this blog

kamus bahasa pakpak versi saidin .... mohon koreksi

lirik lagu pakpak "Berngin En"

Lirik lagu sedih.. Ise ndia sisalah dan Air mata perkawinan