Tugas Aplikasi Kompeter
ALAT INPUT PADA KOMPUTER
DI SUSUN OLEH :
NAMA : SAIDIN ISNAINI ANAKAMPUN
NIM : 1311101010013
JURUSAN : ILMU KELAUTAN
JURUSAN ILMU KELAUTAN
FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
TAHUN 2014
PERANGKAT INPUT KOMPUTER
Berikut
20 macam perangkat input komputer beserta gambar dan fungsi nya.
No
|
Nama perangkat
|
fungsi
|
Gambar
|
1
|
Barcode Scanner
|
Alat yang
digunakan untuk membaca kode-kode berbentuk garis-garis vertikal (disebut
dengan BARCODE) yang terdapat pada kebanyakan produk-produk.
|
|
2
|
Camera Digital
|
alat untuk
membuat gambar dari sebuah objek yang hasilnya kemudian direkam dalam format
digital ke dalam media simpan digital.
|
|
3
|
Finger Print
Reader
|
digunakan untuk membaca pola biometrik sidik jari pada manusia.
Pada umumnya digunakan sebagai alat absen dan pengkodean
|
|
4
|
Graphics pads
|
alat masukan
untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pad digunakan dalam teknologi
computer aided design (CAD) untuk membuat rancangan bangunan, rumah, mesin
mobil, pesawat, dan lain-lain.
|
|
5
|
Joystick
|
alat masukan yang
dibuat dan di design untuk digunakan dalam permainan atau games komputer. Umumnya
digunakan untuk permainan atau games komputer.
|
|
6
|
Keyboard
|
unit input yang
paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat
berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi
user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan,
seperti menyimpan file dan membuka file.
|
|
7
|
Microphone
|
Input device ini
berfungsi untuk memasukkan data berupa suara yang akan disimpan di dalam
memori komputer. Penggunaan mikrofon harus didukung oleh hardware lain
seperti soundcard dan speaker.
|
|
8
|
Light pen
|
alat masukan yang
berfungsi sebagai pointer elektronik, digunakan untuk modifikasi dan
men-design gambar, langsung diatas screen (monitor). Para pembuat Anime biasanya menggunakan input ini
|
|
9
|
mouse
|
digunakan untuk
memasukkan data dengan cara menekan tombol klik. Pada mouse secara umun
terdiri dari dua tombol eksekusi dan satu scroll
|
|
10
|
Optical Mark
Recognition ( OMR )
|
peranti yang
dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat
digunakan oleh komputer.Peranti ini membaca masukan dengan batuan refleksi
optis, dengan mengenali ketebalan tulisan.
|
|
11
|
Peranti sensor
|
peranti yang dapat mengambil data langsung dari lingkungan.Contoh
pemanfaatanya yaitu pada pendeteksi gunung berapi, detector kecepatan laju
kendaraan di jalan raya, pada pesawat untuk mendeteksi perubahan angin ynag
mendadak.
|
|
12
|
Layar Sentuh (Touch
Screen)
|
memungkinkan
pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat tanpa mouse atau keyboard dan
sering digunakan dengan smartphone
|
|
13
|
Yoke
|
perangkat input
hardware yang umum digunakan dengan permainan komputer, seperti penerbangan
game simulasi, yang memungkinkan pemain untuk terbang ke atas atau bawah,
atau kembali atau keluar dengan menarik atau mendorong perangkat.
|
|
14
|
Handy Cam
|
Fungsi: Berfungsi
untuk menangkap gambar bergerak, seperti layaknya orang sedang membuat film.
Kualitas gambar yang dihasilkan banyak dipengaruhi oleh kualitas lensa,
resolusi yang dipilih dan ruang simpan. Dan juga merekam gambar yang
ditampilkan ke layar monitor untuk dapat diproses
|
|
15
|
Web cam
|
Digunakan untuk
konferensi video jarak jauh atau
sebagai kamera pemantau
|
|
16
|
Pemindai kartu
magnetic(Magnetic Stripe Reader)
|
perangkat yang
berfungsi mengambil informasi yang tersimpan dari kartu magnetik baik dengan
memegang kartu di sebelah perangkat atau menggesek kartu hingga slot dalam
perangkat.
|
|
17
|
CdD ROM /DVD
|
Media untuk
memindahkan file,dokumen,foto,video yang ada dalam disk
|
|
18
|
Card Reader
|
Alat penghubung
komputer dengan memory, usb dll, dengan menghubungkan nya pada komputer
|
|
19
|
Helm dan Sarung
tangan VR(Virtual Reality)
|
VR adalah
lingkungan buatan yang dihasilkan komputer yang memungkinkan pengguna untuk
melihat, mengeksplorasi, dan memanipulasi lingkungan
|
|
20
|
Biometric (alat
pemindai scan tubuh)
|
adalah
identifikasi seseorang dengan pengukuran fitur biologis mereka. Sebagai
contoh, pengguna mengidentifikasi diri ke komputer atau bangunan dengan sidik
jari atau suara dianggap sebagai identifikasi biometrik. Bila dibandingkan
dengan sandi , jenis sistem jauh lebih sulit untuk palsu karena unik untuk
orang tersebut
|
|
Comments
Post a Comment